Sabtu, 01 Februari 2014

SEKILAS TENTANG CEREBRAL PALSY

APA ITU C.P. ?

CP atau Cerebral palsy merupakan istilah umum untuk sekelompok gangguan gerakan non - progresif yang permanen menyebabkan cacat fisik dalam perkembangan anak, terutama dalam gerakan tubuh anak. Itu adalah disfungsi pusat motorik yang mempengaruhi otot, postur dan gerakan yang dihasilkan oleh gangguan dimaksud. CP bukanlah genetik atau penyakit , dan tidak menular . CP biasanya timbul pada atau sekitar saat kelahiran , dan didiagnosis pada usia muda 
Arti Cerebral mengacu pada otak , yang merupakan daerah utama yang terkena . Gangguan tersebut mungkin sering melibatkan hubungan antara korteks dan bagian lain dari otak seperti otak kecil Sedangkan arti palsy mengacu pada gangguan gerakan , tetapi akar kata " palsy " secara teknis berarti " kelumpuhan , meskipun tidak digunakan seperti dalam arti cerebral palsy .
CP disebabkan oleh kerusakan pada pusat-pusat kontrol motor dari perkembangan otak dan dapat terjadi selama kehamilan , saat melahirkan , atau setelah lahir sampai sekitar usia tiga tahun. Pengaruhnya adalah keterbatasan gerakan dan postur sehingga menyebabkan keterbatasan aktivitas dan sering disertai dengan gangguan sensasi , persepsi kedalaman , dan masalah -sight lainnya berbasis persepsi dan kemampuan komunikasi; gangguan juga dapat ditemukan dalam kognisi , dan epilepsi ditemukan pada sekitar sepertiga kasus . CP sering mengakibatkan masalah muskuloskeletal . 
Cerebral palsy sebagai kategori yang luas berarti didefinisikan kebanyakan melalui beberapa subtipe yang berbeda , terutama jenis yang menampilkan kelenturan , dan juga campuran dari beberapa subtipe .
Cara perawatan bayi yg baru lahir akan membantu mengurangi jumlah penderita CP dan meningkatkan kelangsungan hidup bayi dengan berat lahir sangat rendah .Tidak ada obat spesifik untuk CP, kebanyakan pengobatan dilakukan untuk mencegah komplikasi . Kemungkinan terjadinya CP pada sekitar 2,1 per 1.000 kelahiran hidup .....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar disini: